TWI Sitinjo Asset Berharga Dairi

Share it:

Ketika mencapai 70 persen pengerjaannya, Taman Wisata Iman Sitinjo terbukti telah menjadi salah satu pendongkrak PAD Kabupaten Dairi. Dengan pengunjung sekitar 148.200 orang, TWI Sitinjo telah menyumbangkan sekitar 250 juta rupiah untuk Kabupaten Dairi. Jumlah tersebut sungguh sangat jauh melampaui target yang ditetapkan sebelumnya yaitu 50 juta rupiah.

Pada awal Januari tahun 2006 terjadi lonjakan pengunjung dimana pada minggu pertama bulan itu, tercatat mencapai 11.623 orang. Hingga pertengahan bulan Agustus 2006 mencapai 124.74 orang. Dairi telah mampu menciptakan sebuah terobosan baru dalam mengembangkan objek wisata.


Selain mampu mendongkrak PAD Kabupaten Dairi, Taman Wisata Iman Sitinjo juga telah membantu peningkatan kesejahteraan masyarakat Dairi. TWI Sitinjo menciptakan lapangan kerja bagi warga setempat, baik sebagai pengrajin atau penjual souvenir maupun fotographer dan pekerja taman. Direncanakan juga di kawasan TWI Sitinjo juga akan dibuat teropong yang dapat digunakan untuk memantau seluruh pengunjung taman. Teropong ini juga dapat digunakan oleh pengunjung melihat keindahan alam di luar kawasan TWI. Penggunaan teropong ini tentunya akan dikenakan tarif yang juga akan menjadi sumber PAD Kabupaten Dairi.


Sebagai penyokong PAD untuk Kabupaten Dairi, Pemerintah Daerah akan tetap mengadakan pembangunan-pembangunan untuk penyempurnaan Taman Wisata Iman Sitinjo. Termasuk pemeliharaan dan perbaikan-perbaikan pada bangunan-bangunan yang mengalami kerusakan baik karena faktor manusia maupun faktor alam atau usia. Petugas-petugas kebersihan yang sekaligus sebagai fotographer juga telah ditempatkan di taman ini.


Pembinaan juga dilakukan bagi para pelaku wisata di taman wisata ini. Diharapkan para pelaku wisata akan mampu menjadi guide yang mampu memberikan pelayanan yang memuaskan dan dapat diandalkan bagi para pengunjung. Mengingat Dairi masih baru menjadi daerah wisata, tentunya masyarakat dan para pelaku wisata masih perlu pembelajaran sikap mengenai cara-cara menghargai dan menarik minat para pengunjung.

*Sumber : Harian SIB
Share it:

Kabupaten Dairi

Textslide

Post A Comment:

0 comments: