TWI Sitinjo Wisata Rohani Serba Lengkap

Share it:

Rancangan tata ruang dalam pembangunan Taman Wisata Iman Sitinjo memang termasuk begitu sempurna. Bangunan-bangunan sarana ibadah beserta beberapa miniatur yang menceritakan berbagai sejarah agama masing-masing membuat kawasan ini menjadi penuh nuansa religius.
Dari pintu masuk, kita akan disambut oleh Patung Budha dan sebuah Candi yang desainnya menyerupai Candi Borobudur di Propinsi Jawa Tengah. Candi yang cukup megah ini dinamai Vihara Saddhavana. Oleh umat Buddha yang berkunjung ke Taman Wisata Iman, Vihara ini juga digunakan sebagai tempat beribadah.
Sekitar seratus meter dari lokasi Vihara Saddhavana terdapat lokasi parkiran yang cukup luas sesuai dengan banyaknya pengunjung dan terdapat juga aneka souvenir Taman Wisata Iman yang cocok untuk cendera mata bagi pengunjung yang telah berkunjung ke Taman WIsata Iman ini. Terdapat juga patung-patung sejarah agama Kristen yaitu patung Abraham ketika hendak mempersembahkan anaknya Isak. Setelah itu terdapat juga patung Musa ketika menerima sepuluh hukum taurat.

Bagi mereka yang membawa anak balita disediakan juga lokasi bermain khusus untuk anak-anak.
Sepanjang perjalanan menuju lokasi Patung Bunda Maria dan Salib di Bukit Golgata akan terdapat patung-patung perjalanan Salib Yesus dihiasi dengan aneka bunga dan jenis tanaman-tanaman yang terdapat di Kabupaten Dairi. Juga terdapat tempat-tempat peristirahatan agar perjalanan tidak melelahkan.
Persis dibawah lokasi Patung Bunda Maria terdapat sungai yang kian menambah pesona keindahan taman ini. Di sungai ini terdapat patung Yohannes Pembaptis. Beberapa meter dari lokasi Patung Bunda Maria terdapat lokasi Bukit Golgata. Di bukit inilah dibangun tiga salib yang menggambarkan sejarah ketika Yesus disalibkan. Lokasinya termasuk cukup luas dan sangat cocok untuk tempat foto bersama keluarga. Lokasi ini juga termasuk salah satu lokasi yang paling ramai dikunjungi. Dibawah Salib ini terdapat tempat untuk berdoa bagi pemeluk agama Kristen.
Di sebelah timur dari Bukit Golgota kira-kira seratus meter terdapat Gereja Oikumene. Gereja ini sering digunakan oleh para pengunjung untuk kebaktian. Tak jauh dari Gereja tersebut sedang dibangun Bahtera Nabi Nuh.
Beberapa meter dari Gereja Oikumene terdapat Kuil yang merupakan tempat ibadah bagi pemeluk agama Hindu. Inilah yang menjadi keistimewaan dan keindahan Taman Wisata Iman dimana berdiri rumah lima rumah ibadah dari kelima agama yang terdapat di Indonesia secara berdampingan. Ini juga menggambarkan keadaan Kabupaten Dairi yang walaupun terdiri dari berbagai agama dan kepercayaan tetapi dapat rukun dan saling toleransi.
Setelah kawasan Kuil Hindu terdapat Mesjid yang cukup megah sebagai tempat beribadah umat Muslim. Disekitar lokasi mesjid terdapat berbagai miniatur sejarah agama Islam seperti Ka’bah dan bangunan lainnya yang semakin menambah pesona Taman Wisata Iman Sitinjo.
Sungguh, mengunjungi TWI memang hal yang tak akan dapat terlupakan seumur hidup.
Share it:

Intro

Tentang TWI

Post A Comment:

4 comments:

  1. waooo

    sitinjo hebat jga ya......................

    BalasHapus
  2. minggu kemaren kami rombongan ke twi, memang cantik tapi kalo boleh saran agak dibersihin dikit biar lbh menarik lagi. itu aja saran kami, lainnnya udah lumayan lah.

    BalasHapus
  3. berapa tiket masuk ke sana?

    BalasHapus